PADI - SOBAT
POP Indonesia

PADI – DEMI CINTA

Padi awalnya mulai dikenal masyarakat luas ketika lagu Sobat termasuk dalam album kompilasi Indie Ten di tahun 1998. Lulusan album kompilasi ini banyak yang menjadi band besar seperti Cokelat, Caffeine, Wong, Fable, dan yang paling sukses adalah Padi.

Album “Lain dunia”,”Sesuatu yang Tertunda” mengangkat nama Padi sebagai band terkenal di Indonesia. Mereka membuat salah satu penjualan rekaman musik Indonesia dengan menjual sekitar 1,8 juta copy dan menjual 450.000 copy hanya dalam 2 minggu. pada tahun 2007, majalah Rolling Stone Indonesia menempatkan mereka di daftar “150 Greatest Indonesian Album of All Time”. Rolling Stone juga memasukkan 2 lagu Padi dalam daftar “150 Lagu Indonesia Teragung Sepanjang Masa”. Lagu-lagu adalah “Mahadewi” (# 87) dan “Sobat” (# 109), keduanya berasal dari album debut Lain Dunia (1999).

Lagu ciptaan Piyu ini dibuka dengan intro lick gitar yang juga menjadi pengiring main verse. Sound effect yang beragam berpadu dengan ketukan drum Yoyo yang sedikit ganjil di verse. Bridging lagu ini menurut saya bagus sekali. Dari nada vokal yang datar di verse kemudian sedikit menanjak di bridge, dan benar-benar klimaks tercapai ketika chorus. Liriknya sendiri memiliki pilihan kata yang bagus seperti tautan, naif, kodrati, dan tingkap. Coba dengarkan duet gitar Ari dan Piyu di bagian interlude yang menurut saya sangat bagus. Sayang sekali lagu ini tidak ada video klip-nya.

Demi Cinta

Tautan waktu berjalan, iring langkah kita bersama
Mendewasakan semua rasa, perasaan jiwa
Tak akan mungkin memungkiri, menyangkal arti cinta
Biar angin menentang, pun langit terhempas

Bridge
Menyangsikan cinta dalam keras kehidupan
Naif terlahir, kewajaran kodrati lelapkan semua

Reff.
Demi cinta, bersandinglah. (di dalam sisi hidupku ini)
Demi cinta berjanjilah. (melangkah kita bersama)

Perlahan kita mulai belajar, melaraskan batin
Meluaskan ruang, tingkap pengertian
Tak pernah kumerasakan, penat menjadi beban
Biar peluh mengalir, pun meski terluka

Back to Bridge

Damai…kita…bersama…sucikan cinta

 

Anda mungkin juga suka...